Media sosial merupakan salah satu fenomena yang muncul seiring berkembangnya teknologi dan inovasi di internet. Selain sebagai media baru dalam berinteraksi dan bersosialisasi, media social juga memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap berbagai aspek, seperti jurnalisme, public relations, dan pemasaran. Media social bahkan menjadi “senjata baru” bagi banyak bidang. Kampanye politik banyak…
Media siber (cybermedia) merupakan medium baru yang tidak sekedar menjadi sarana untuk menyampaikan pesan, tetapi juga sebagai ruang komunikasi dan budaya terjadi. Kehadirannya tidak hanya membawa perubahan terhadap budaya di antara penggunanya, tetapi juga menjadi perubahan itu sebagai objek kajian yang menarik untuk dieksplorasi. Pendekatan etnografi virtual yang mulanya muncul pada kajian an…
Perkembangan kajian media komunikasi di perguruan tinggi menunjukkan penambahan objek materi kajian. Teknologi komunikasi dan internet - media siber - tidak lagi sekadar subbab atau bagian dari pokok bahasan, namun juga telah berubah menjadi kajian yang mandiri - mata kuliah baru dan objek riset yang memiliki keunikan. Topik utama buku ini antara lain membahas teori dan definisi cybermedia, imp…