Buku ini adalah buku yang sudah banyak anda temukan pada literatur lain yang membincang tentang pesantren. isinya mungkin tak jauh beda bahkan nyaris sama, namun sudah tentu ada yang sangat berbeda, karena ini adalah hasil dari refleksi dan pengkajian terhadap perjalanan pesantren. Pesantren sebagai agen perubahan sosial (Social change), yang berada dalam atmosfer modernisasi dan globalisasi, d…
Filsafat pendidikan Islam adalah suatu kajian secara filosofis yakni berpikir secara mendalam, sistematik, dan universal tentang masalah-masalah pendidikan Islam, ide-ide dan konsep-konsep intelektual yang tersusun dan diperkuat melalui pengalaman serta pengetahuan. Dengan kata lain, filsafat pendidikan Islam senyatanya bertumpu pada gagasan-gagasan dialogis dengan pengalaman empiris yang terdi…
Buku ini menyajikan konsep pembaruan pendidikan Islam dalam perspektif keilmuan yang integratif-interkonektif. Paradigma keilmuan integratif-interkonektif menyajikan kajian terhadap falsafah, sains, dan agama Islam sebagai hubungan antar entitas yang saling terkait (interconnected entities). Konsep penulis ditemukan dari indentifikasi terhadap empat problem yang dihadapi oleh pendidikan Islam, …
Pendidikan dapat dilihat dari tiga pendekatan. Pendekatan pertama menganggap pendidikan sebagai pengembangan potensi individu. Pendekatan kedua cenderung melihat pendidikan sebagai pewarisan nilai-nilai budaya. Pendekatan ketiga menganggap pendidikan sebagai interaksi antara pengembangan potensi dan budaya. Dalam pendidikan islam, potensi individu merupakan karunia Tuhan yang fitrah. Sementara,…