Perpustakaan Fakultas Dakwah

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Etnografi virtual : riset komunikasi, budaya, dan sosioteknologi di internet
Penanda Bagikan

Art Original

Etnografi virtual : riset komunikasi, budaya, dan sosioteknologi di internet

Dr. Rulli Nasrullah, M.Si - Nama Orang;

Media siber (cybermedia) merupakan medium baru yang tidak sekedar menjadi sarana untuk menyampaikan pesan, tetapi juga sebagai ruang komunikasi dan budaya terjadi. Kehadirannya tidak hanya membawa perubahan terhadap budaya di antara penggunanya, tetapi juga menjadi perubahan itu sebagai objek kajian yang menarik untuk dieksplorasi. Pendekatan etnografi virtual yang mulanya muncul pada kajian antropologi, yang kemudian merambah ke bidang komunikasi dengan etnografi komunikasinya, kini menghadapi lapangan penelitian baru, bahkan objek yang juga baru, yang bersifat virtual, terpaku pada teks, dan bergantung pada perangkat teknologi itu sendiri. Etnografi virtual didefinisikan sebagai metode etnografi yang digunakan untuk mengungkap realitas, baik yang tampak maupun tidak, dari komunikasi termediasi komputer di antara entitas [anggota] komunikasi virtual internet. Di dunia nyata, jika seseorang marah kepada orang lain, wujud (artefak) berupa intonasi suara meninggi, penggunaan kata-kata khusus, mata melotot, dan sebaginya. Di dunia virtual, ekspresi marah menjadi berbeda dan pemahaman akan konsep marah juga menjadi sangat jauh dibandingkan apa yang bisa disaksikan di dunia nyata. Marah dalam dialog aplikasi pesan diimplementasikan melalui huruf besar atau capital dan ini berlaku di dunia universal internet. Internet memberikan beragam kesimpulan dengan beragam proses dan keterlibatan entitas (pengguna dan perangkat teknologi) yang berkontribusi di dalamnya. Oleh karena itu, etnografer harus memahami konteks berdasarkan situasi dan bagaimana prosedur teknologi itu terjadi. Secara sederhana, etnologi virtual bisa dikatakan sebagai metode riset bidang kualitatif yang diadaptasi dari teknik riset etnografi yang mempelajari artefak, seperti budaya dan komunitas. Keberdaaan internet dan perangkatnya serta komunikasi termediasi komputer, menjadi lapangan studi metode ini. Dalam etnografi virtual pertanyaan penelitian lebih menekankan aspek apa (what), mengapa (why), dan bagaimana (how). Aspek aktor atau entitas (who) di dunia online menjadi bisa dipertukarkan dari individu ke perangkat atau medium. Pengamatan atau observasi merupakan prosedur awal dalam melakukan penelitian. Observasi menjadi alat utama untuk melihat bagaimana proses, interaksi, komunikasi, informasi individu, sampai artefak budaya apa yang muncul dan ada di komunitas virtual tersebut. Hal ini juga dalam rangka pengumpulan data.


Ketersediaan
#
My Library 004.678 RUL e
P00044S
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
004.678 RUL e
Penerbit
Bandung : Sembiosa Rekatama Media., Maret 2018
Deskripsi Fisik
xvi, 140 halaman : ilustrasi ; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-7973-46-6
Klasifikasi
004.678 RUL e
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Internet, Internet - Penelitian
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Dakwah
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?