Art Original
Metode penelitian komunikasi : prosedur, tren, dan etika
Penelitian komunikasi menjadi salah satu jenis penelitian yang sering dilakukan. Biasanya hal ini dilakukan untuk mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi. Teknik analisis data yang paling sering digunakan dalam penelitian komunikasi adalah teknik analisis isi ( Content Analysis). Analisis isi (Content Analysis) adalah tekhnik penelitian untuk membuat inferensi inferensi yang dapat ditiru (replicable), dan sahih data dengan memperhatikan konteksnya. Analisis isi dapat di pergunakan pada teknik kuantitatif maupun kualitatif, tergantung pada sisi mana peneliti memanfaatkannya. Dalam penelitian kualitatif dalam teori efek media massa , Analisis Isi ditekankan pada bagaimana peneliti melihat keajekan isi komunikasi secara kualitatif, pada bagaimana peneliti memaknakan isi komunikasi, membaca simbol-simbol, memaknakan isi interaksi simbolis yang terjadi dalam komunikasi. Dalam buku Metode Penelitian Komunikasi ini membahas mengenai penelitian kualitatif, yang menjelaskan tentang hakikat pengetahuan ilmiah, bagaimana mendapatkan kebenaran ilmiah, serta mendalami bahwa ‘meriset’ adalah sebuah aktivitas intelektual yang harus dilakukan untuk mencapai kebenaran ilmiah dalam bidang atau domain dimana peneliti terjeun dan terlibat, juga membahas tentang etika riset.
Tidak tersedia versi lain