Art Original
Analisis jaringan media sosial : dasar-dasar dan aplikasi metode jaringan sosial untuk membedah percakapan di media sosial
Saat ini kehidupan kita tidak mungkin bisa dilepaskan dari media sosial. Media sosial makin berperan, bukan hanya sebagai sumber informasi, tetapi juga sumber dari interaksi dan relasi sosial kita. Bagi penelitian komunikasi, media sosial adalah wilayah penelitian yang kian penting baik saat ini ataupun di masa mendatang. Salah satu metode penelitian media sosial adalah Analisis Jaringan Media Sosial (Social Media Network Analysis /SMNA). Metode ini pada dasarnya adalah penerapan analisis jaringan sosial (atau jaringan komunikasi) untuk menganalisis percakapan di media sosial. Metode ini berusaha menggambarkan bagaimana struktur jaringan, pengelompokan, dan siapa aktor (akun media sosial) yang paling berpengaruh dalam perbincangan suatu isu. Buku ini menjelaskan teori, metode dan proses penelitian analisis jaringan media sosial, mulai dari mengambil data (crawling) hingga analisis data. Buku ini juga dilengkapi dengan studi kasus penelitian dan tutorial 3 perangkat lunak (software) yang banyak digunakan dalam analisis jaringan media sosial, yakni Netlytic, NodeXL dan GEPHI. Buku ini berguna bagi praktisi, pengajar, dan mahasiswa (ilmu komunikasi, politik, sosiologi, kebijakan publik dan ilmu sosial lainnya) yang sedang melakukan penelitian dengan menggunakan data berupa percakapan media sosial.
Tidak tersedia versi lain